5 Marketing Channel untuk Strategi Marketing Bisnis Semakin Ampuh

Sebelum jauh melangkah kita membicarakan tentang marketing channel, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu marketing strategy atau strategi marketing. Disarankan untuk kamu para pelaku bisnis membuat setidaknya satu strategi marketing untuk memperkuat imej sebuah brand dan menciptakan rencana jangka panjang untuk masa depan.

Artikel ini akan membimbing kamu untuk memahami dasar-dasar membuat strategi marketing. Kemudian selanjutnya kamu akan segera mengetahui beberapa jenis marketing channel yang bisa menjadi bagian dari strategi marketing.

strategi marketing

Apa itu Strategi Marketing?

Strategi marketing meliputi segala aspek dari rencana bisnis untuk marketing sebuah produk atau jasa. Semakin detail strategi marketing yang dibuat, maka semakin efektif channel yang kamu pilih untuk marketing kamu nanti.

Apa yang dimaksud dengan channel? Marketing channel dapat mencakup berbagai pilihan seperti media sosial, blogging, webinar, influencer marketing, user-generated content, dan lain-lain. Tapi kita akan membahas lebih jauh lagi nanti.

Sangat penting untuk memahami bahwa strategi marketing bukan hanya daftar marketing channel yang kamu gunakan untuk menemukan konsumen. Malah, strategi marketing harus dibuat sedetail mungkin sama seperti rencana bisnis atau rencana finansial dan melingkupi segala kebutuhan untuk memahami identitas brand dan konsumen kamu.

Sebagai contoh, strategi marketing kamu harus menjelaskan tentang USP atau unique selling proposition. Juga mencakup tentang UVP atau unique value proposition, karena USP akan membuat kamu terlihat mencolok di antara para kompetitor.

Kamu juga bisa menyisipkan detail tentang pesan brand di strategi marketing kamu. Gaya bahasa seperti apa yang akan kamu gunakan ketika berkomunikasi dengan konsumenmu? Apa kamu punya tagline? Suara atau tone seperti apa yang akan kamu gunakan ketika memasarkan produkmu secara digital?

Strategi marketing juga harus disertail dengan informasi detail mengenai target audiens kamu. Apa yang menarik mereka pada produk atau jasamu? Apa yang menjadi penghalang bagi mereka? Apa yang membuat mereka menolak untuk membeli produk kamu?

Saat kamu telah menemukan USP, brand messaging, dan target audiens-mu, kamu bisa memilih marketing channel yang akan membantu kamu untuk mencapai audiens dan meningkatkan kesadaran orang-orang akan brand milikmu.

Kenapa Strategi Marketing Begitu Penting?

Bayangkan sebuah strategi marketing sebagai cetak biru untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis. Strategi marketing menjelaskan cara yang harus kamu ambil ketika kamu mencapai target pasar dan car ameyakinkan mereka untuk membeli produkmu.

5 digital marketing channel

Tanpa strategi marketing, kamu akan memilih marketing channel secara sembarangan tanpa memiliki alasan yang jelas. Bisa jadi cara ini akan berhasil dan kamu akan memilih channel yang tepat, tapi seringkali tidak, dan pada akhirnya bisnismu stagnan dan jalan di tempat.

Marketing Channel Sebagai Pilihan untuk Strategi Marketing

  1. Social Media – terbukti paling efektif untuk mencapai target audiens. Ketahui dimana audiens kamu banyak menghabiskan waktunya di sosial media, dan gunakan platform tersebut untuk memasarkan produk-produk kamu.
  1. Explainer Video – adalah video edukasional yang akan membantu audiens kamu untuk dapat lebih memahami tentang produk-produk yang kamu tawarkan.
  1. Blogging – mulai dengan menerbitkan ‘welcome blog post’ yang memperkenalkan brand kamu dan membantu para pembaca memahami apa yang kamu akan tawarkan pada mereka. Setelah itu mulailah untuk membuat beberapa post secara konsisten dengan berfokus pada niche yang sesuai dengan produkmu.
  1. SEO – dua hal ini sangat kritikal dalam zona strategi marketing. keduanya membantu menarik trafik ke dalam website kamu. SEO adalah Search Engine Optimization, membuat konten yang kamu buat di dalam website semakin optimal terhadap mesin pencari.
  1. Email Marketing – kampanye melalui email memungkinkan kamu untuk membuat sebuah seri email terautomasi yang akan menggiring para target audiens pada brand yang kamu tawarkan.